Kapolres Toba Bersama Dandim 0210/TU Monitor Pelaksanaan Pilkades Serentak 2023 di Toba

Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH SIK, bersama dengan Dandim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal SHub Int, meninjau dan monitoring secara langsung di beberapa titik pelaksanaannya, Kamis (19/10/2023).

topmetro.news – Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH SIK dengan Dandim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal SHub Int, meninjau dan monitoring Pilkades Serentak di beberapa titik pelaksanaannya, Kamis (19/10/2023).

Hal itu untuk memastikan keamanan dan tertib lancarnya pelaksanaan tahapan pemungutan suara pada pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2023 di Kabupaten Toba.

Tampak dua pria lulusan akademi ini, masing-masing alumni Akpol dan Akmil mengunjungi dan monitor pelaksanaan di TPS (tempat pemungutan suara) di Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti.

Kehadiran dua alumni akademi ini terlihat disambut hangat masyarakat setempat, baik yang sedang memberikan hak suaranya pada pelaksanaan Pilkades tersebut, maupun yang sekedar menyaksikan proses pelaksanaan. Tidak ketinggalan juga sambutan hangat dari pihak Pemerintah Desa Sitoluama dan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Desa Sitoluama.

Selain memastikan keamanan dan kelancaran tahapan pemungutan suara, Kapolres Toba dan Dandim 0210/TU juga sempatkan diri berdiskusi, dan memberikan semangat kepada pihak P2KD Sitoluama dalam menjalankan tugasnya.

Di sela kunjungannya, pada wawancaranya kepada awak media, dia mengatakan, bahwa pihaknya dalam tugas pengamanan Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Toba, yang tersebar di 87 desa, pihaknya menurunkan personil sebanyak 259 personil Polri, yang juga dibantu pihak TNI Distrik 0210/TU.

Disebutkan orang nomor ‘wahid’ Polres Toba ini, bahwa dari pihaknya Satuan Brigadir Mobil (Brimob) sebanyak 31 personil, Satuan Samapta Polres Taput 25 personil, Satuan Samapta Polres Samosir 14 personil, Satuan Samapta Polres Humbahas 15 personil, masing-masing merupakan BKO, dan selebihnya, disebutkannya dari Polres Toba sekitar 164 personil.

Masih dia lanjutkan, selain persiapan keamanan di hari ‘H’ pelaksanaan Pilkades, Taufiq juga menyampaikan, bahwa sebelumnya telah melakukan pertemuan, pihaknya (Polres Toba), bersama para calon kepala desa guna membahas dan sepakati komitmen bersama menyukseskan Pilkades Serentak tahun 2023 di Kabupaten Toba.

“Sebelumnya kita sudah buat pertemuan, dengan mereka (para calon kepala desa, red), dan sudah buat komitmen, serta tandatangani pakta integritas, dan hari ini lah puncaknya, dan kita akan lihat bersama,” ujar pria lulusan Akpol 2002, yang berdarah Suku Sunda itu.

“Dan sejauh ini hasil peninjauan kita bersama, situasi Pilkades di Kabupaten Toba berjalan dengan baik dan kondusif. Semoga pelaksanaannya aman hingga tahapan akhir,” pungkasnya.

Sebelum beranjak dari TPS Desa Sitoluama, Laguboti, menuju ke TPS di Kecamatan lainnya, tak luput Kapolres Toba bersama Dandim 0210/TU, sempatkan waktu mengingatkan para personil pengamanan agar selalu tepat berkordinasi demi kelancaran penyelenggaraan Pilkades Serentak 2023 Kabupaten Toba, terlebih kepada masing-masing Panitia Pemilihan Kepala Desa di masing-masing Tempat Pemungut Suara.

penulis | Guntur

Related posts

Leave a Comment